Senin, 09 Mei 2011

OpenBTS, Alternatif Komunikasi Selular Murah

Biaya pengadaan telekomunikasi selular memang tak murah. Tapi kini bisa disiasati dengan OpenBTS (Open Base Transceiver Station) adalah sebuah BTS GSM berbasis software, yang memungkinkan handphone GSM untuk menelepon tanpa menggunakan jaringan operator selular. OpenBTS dikenal sebagai implementasi open source pertama dari protokol standard industri GSM.
Apa kelebihan aplikasi ini? Jika menggunakan menara BTS biasa, akan memerlukan biaya miliaran rupiah, maka Open BTS hanya memakan biaya 15-25 juta rupiah. Wah kok bisa murah sekali? Ya, sebab peralatan yang digunakan lebih sederhana, dan sesuai dengan konsep open source, maka sistem operasi yang dipakai pun bebas bea lisensi.
Onno W Purbo antusias mempopulerkan aplikasi ini di Indonesia, walau bukan dia yang pertama mengembangkan OpenBTS ini, melainkan Harvind Samra dan David A Burgess.
OpenBTS ini menggantikan infrastruktur tradisional operator GSM. Dari yang biasanya trafik diteruskan ke Mobile Switching Center (MSC), pada OpenBTS trafik diterminasi pada box yang sama dengan cara mem-forward data ke Asterisk PBX melalui SIP dan Voice-over-IP (VoIP). Referensi air interface (Um) menggunakan software-defined radio (SDR) pada Universal Software Radio Peripheral (USRP) USB board.
Tujuan dari pengembangan OpenBTS ini adalah untuk mengurangi biaya layanan GSM di wilayah rural di negara berkembang agar bisa ditekan menjadi di bawah US$1 per bulan per pelanggan.
Tes lapangan pertama dilakukan di Nevada dan California Utara, Amerika Serikat.
Tahun 2010, sebuah sistem OpenBTS di pasang secara permanen di Nieu dan merupakan instalasi pertama yang tersambung dan dicoba oleh perusahaan telekomunikasi di sana. Niue adalah sebuah negara yang sangat kecil dengan penduduk sekitar 1700 orang yang tidak menarik bagi penyelenggara telekomunikasi mobile. Struktur biaya OpenBTS sangat cocok untuk Niue yang sangat mendambakan layanan selular tapi tidak bisa membeli sistem base station GSM konvensional. (kame/)

Referensi : http://opensource.telkomspeedy.com/wiki/index.php/OpenBTS

Tidak ada komentar: